Bouyancy
Titik pusat gaya apung pada kapal disebut titik B ( Center of buoyancy )
Titik B pada kapal juga merupakan titik berat dari bagian / badan kapal yang terbenam di dalam air.
Letak titik B akan berubah ketika draft kapal berubah ataupun kapal mengalami kemiringan akibat pengaruh gaya dari luar.
Besarnya gaya apung kapal adalah sama dengan displacement kapal
1. Letak titik B dari lunas kapal :
Untuk kapal yang berbentuk kotak :
KB = 0,5 x draft kapal
2. Untuk kapal yang berbentuk segi tiga :
KB = 0,67 x draft kapal
3. Untuk kapal yang berbentuk biasa :
KB = 0,53
x draft kapal
Daya apung cadangan adalah volume ruangan yang kedap air yang berada diatas garis air. Daya apung cadangan bisa diartikan sebagai prosentase dari total seluruh volume kapal.
Sebuah kapal kotak mempunyai panjang 105 m lebar 30 m dan tinggi 20 m mengapung tagak lurus di air tawar. Jika displecement kapal tersebut 19500 Ton tentukan volume daya apung cadangan ?
Jawab :
Daya apung cadangan sangat erat hubungannya dengan freeboard kapal sehingga makin besar freeboard sebuah kapal maka daya apung cadangan akan semakin besar sehingga bisa disimpulkan sbb :
Contoh Soal :
Sebuah kapal kotak mempunyai panjang 105 m lebar 30 m dan tinggi 20 m mengapung tagak lurus di air tawar. Jika displecement kapal tersebut 19500 Ton tentukan volume daya apung cadangan ?
Jawab :
Volume displecement = displecement : density
= 19500 / 1 = 19500 M³
Total volume kapal = L x B x T = 105 x 30 x 20 = 63000 M³
Daya apung cadangan = total volume kapal – volume displacement
= 63000 – 19500
= 43500 M³
Daya apung cadangan sangat erat hubungannya dengan freeboard kapal sehingga makin besar freeboard sebuah kapal maka daya apung cadangan akan semakin besar sehingga bisa disimpulkan sbb :
- GM dan GZ akan semakin besar.
- Jangkauan stabilitas kapal ( range of stability ) makin besar.
- KB akan mengecil .
- Lebar kapal pada garis deck akan menyentuh air pada sudut kemiringan yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar